BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Perhatian pemerintah dalam hal pendidikan
akhir-akhir ini mulai terlihat semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan
berbagai program yang mengarah kepada peningkatan kualitas pendidikan di negara
ini. Salah satu program yang paling populer di kalangan guru saat ini ialah
program sertifikasi guru. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan
kesejahteraan guru, yang nantinya akan berimplikasi pada peningkatan kinerja
guru dan pada akhirnya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air.
Untuk mengikuti program sertifikasi
guru tersebut seorang guru harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu yang
telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Syarat yang paling pokok ialah telah
memiliki kualifikasi pendidikan strata satu (S1). Namun, hingga saat ini masih
banyak guru yang belum memiliki ijazah S1 sehingga masih dipandang belum layak
untuk mengikuti program sertifikasi guru tersebut. Oleh karena itu, untuk
membantu guru-guru yang belum memiliki kualifikasi S1 agar segera memiliki
kualifikasi S1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjuk Universitas
Pendidikan Ganesha (Undiksha) untuk menyelenggarakan program SKGJ (Sarjana
Keguruan bagi Guru dalam Jabatan).
Sebagai peserta program SKGJ dan
demi kelancaran proses perkuliahan, mahasiswa harus melengkapi aspek-aspek
penilaian yang telah ditetapkan oleh yang berwenang. Makalah ini merupakan
salah satu bentuk tagihan untuk melengkapi penilaian tersebut, khususnya dalam
mata kuliah Sosiologi Pendidikan. Makalah ini membahas tentang proses sosialisasi
anak didik di sekolah yang merupakan bab ke lima dari mata kuliah Sosiologi
Pendidikan. Dengan tersusunnya makalah ini, diharapkan pengetahuan mahasiswa
tentang sosialisasi peserta didik semakin meningkat yang nantinya sebagai bekal
dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai guru, khususnya
sebagai guru sekolah dasar.
B. RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah yang akan
dibahas pada makalah ini, antara lain:
1.
Apakah pengertian sosialisasi?
2.
Apa saja yang berperan sebagai media sosialisasi?
3.
Kegiatan apa saja yang terjadi dalam proses sosialisasi?
4.
Faktor apa saja yang mempengaruhi proses sosialisasi?
5.
Hal apa saja yang menghambat proses sosialisasi?
6.
Bagaimana peran dan fungsi sekolah dalam proses sosialisasi anak didik?
C. TUJUAN
Adapun
tujuan dari penulisan makalah ini sebagai berikut:
1.
Memperluas pengetahuan tentang sosialisasi anak didik di sekolah;
2.
Memperdalam pemahaman tentang proses sosialisasi;
3.
Melengkapi tagihan tugas Mata Kuliah Sosiologi Pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar