TUGAS SOSIOLOGI PENDIDIKAN BAB I


BAB I
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG
Perhatian pemerintah dalam hal pendidikan akhir-akhir ini mulai terlihat semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan berbagai program yang mengarah kepada peningkatan kualitas pendidikan di negara ini. Salah satu program yang paling populer di kalangan guru saat ini ialah program sertifikasi guru. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan guru, yang nantinya akan berimplikasi pada peningkatan kinerja guru dan pada akhirnya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air.
            Untuk mengikuti program sertifikasi guru tersebut seorang guru harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Syarat yang paling pokok ialah telah memiliki kualifikasi pendidikan strata satu (S1). Namun, hingga saat ini masih banyak guru yang belum memiliki ijazah S1 sehingga masih dipandang belum layak untuk mengikuti program sertifikasi guru tersebut. Oleh karena itu, untuk membantu guru-guru yang belum memiliki kualifikasi S1 agar segera memiliki kualifikasi S1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjuk Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) untuk menyelenggarakan program SKGJ (Sarjana Keguruan bagi Guru dalam Jabatan).
            Sebagai peserta program SKGJ dan demi kelancaran proses perkuliahan, mahasiswa harus melengkapi aspek-aspek penilaian yang telah ditetapkan oleh yang berwenang. Makalah ini merupakan salah satu bentuk tagihan untuk melengkapi penilaian tersebut, khususnya dalam mata kuliah Sosiologi Pendidikan. Makalah ini membahas tentang proses sosialisasi anak didik di sekolah yang merupakan bab ke lima dari mata kuliah Sosiologi Pendidikan. Dengan tersusunnya makalah ini, diharapkan pengetahuan mahasiswa tentang sosialisasi peserta didik semakin meningkat yang nantinya sebagai bekal dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai guru, khususnya sebagai guru sekolah dasar.

B. RUMUSAN MASALAH
            Adapun rumusan masalah yang akan dibahas pada makalah ini, antara lain:
1. Apakah pengertian sosialisasi?
2. Apa saja yang berperan sebagai media sosialisasi?
3. Kegiatan apa saja yang terjadi dalam proses sosialisasi?
4. Faktor apa saja yang mempengaruhi proses sosialisasi?
5. Hal apa saja yang menghambat proses sosialisasi?
6. Bagaimana peran dan fungsi sekolah dalam proses sosialisasi anak didik?

C. TUJUAN
            Adapun tujuan dari penulisan makalah ini sebagai berikut:
1. Memperluas pengetahuan tentang sosialisasi anak didik di sekolah;
2. Memperdalam pemahaman tentang proses sosialisasi;
3. Melengkapi tagihan tugas Mata Kuliah Sosiologi Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar