TOIPA13


1. Ketika berenang di dasar sungai ikan lele dan serowot menyapu dasar sungai dengan misainya yang berfungsi …. a. melindungi diri dari musuh b. mengenali benda-benda di sekitar c. membersihkan lumpur dasar sungai d. mempermudah berenang di dasar sungai 2. Diketahui tumbuhan :Tebu,Aren,Padi,Jagung dan Kelapa. Tumbuhan di atas termasuk monokotil, dasar pengelompokannya adalah …. a. batang berkambium c. berakar serabut b. tulang daun menyirip d. batang bercabang 3. Keberadaan ular sawah sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungan karena …. a. kulitnya dapat dimanfaatkan untuk kerajinan b. dagingnya sebagai bahan makanan c. mengendalikan populasi hama tikus d. mengendalikan populasi katak 4. Burung jalak Bali pada saat ini ditangkarkan di daerah Taman Nasional Bali Barat. Hal ini dilakukan untuk …. a. mempermudah pemasaran b. membuatkan habitat baru c. menjaga kelestariannya d. menjadikan hewan ternak 5. Perhatikan gambar di bawah ini!
Tumbuhan di atas berkembangbiak dengan cara …. a. umbi akar b. umbi lapis c. akar tinggal d. umbi batang 6. Urutan metamorphosis pada jangkrik adalah …. a. telur – nimfa – jangkrik b. larva – telur – jangkrik c. telur – pupa – jangkrik d. imago – telur -- jangkrik 7. Sisa sisa tumbuhan yang jatuh ke tanah dimakan oleh cacing. Cacing juga membuat lubang-lubang sehingga udara dapat masuk ke dalam tanah. Hubungan timbal balik antara cacing tanah dengan tumbuhan merupakan contoh simbiosis …. a. komensalisme c. mutualisme b. safrofitisme d. parasitisme 8. Dalam suatu perairan terdapat hydrilla, ikan kecil, udang, fitoplankton, zooplankton, teratai dan ikan besar. Rantai makanan yang mungkin terbentuk adalah …. a. udang fitoplankton ikan kecil ikan besar b. fitoplankton zooplankton ikan kecil ikan besar c. teratai zooplankton fitoplankton ikan besar d. hydrilla fitoplankton ikan kecil ikan besar 9. Perhatikan gambar berikut ini!
Yang berperan sebagai produsen dan konsumen II dalam rantai makanan di atas adalah …. a. pengurai dan belalang b. pengurai dan burung c. rumput dan burung d. belalang dan ular 10. Menangkap ikan dengan bahan peledak dan racun dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan air karena…. a. beberapa jenis ikan menjadi kebal terhadap racun b. benih-benih ikan yang masih kecil ikut mati c. pengambilan terumbu karang mudah dilakukan d. ikan predator mati, ikan kecil berkembang pesat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar